Jenis Implan Hidung Yang Cocok Buat Kamu

Jenis Implan Hidung Yang Cocok Buat Kamu

Operasi hidung merupakan operasi yang paling sering dilakukan di berbagai negara karena hidung merupakan pusat dari wajah sehingga akan mempengaruhi penampilan wajah walau ada perubahan sedikit saja. Implan hidung menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mempercantik diri mereka dengan mengubah bentuk hidungnya.

Operasi hidung ada beberapa macam menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi hidung pasien. Berikut beberapa jenis operasi hidung yang sering dilakukan :

  • Operasi Peninggian Batang Hidung

Operasi peninggian batang merupakan jenis operasi hidung yang sangat sering dilakukan. operasi ini membuat batang hidung menjadi lebih tinggi dengan bantuan impaln yang diletakkan pada bagain atas tulang batang hidung. Jenis-jenis implan yang digunkan untuk operasi ini ada beberapa jenis seperti silikon dan tulang rawan.

  • Operasi Pengecilan Cuping Hidung 

Operasi cuping hidung dilakukan untuk mengecilkan cuping hidung yang terlalu lebar sehingga membuat bentuk hidung terlihat lebih besar dan tidak proposional jika dibandingkan dengan bentuk wajah.

  • Operasi Hidung Bengkok 

Operasi hidung bengkok atau hidung yang memiliki batang hidung menonjol dilakukan untuk meluruskan bentuk hidung yang bengkok dan benghilangkan tonjolan pada bagian bbatang hidung sehingga bagian batang hidung terlihat lurus .

Jenis-jenis Implan Hidung 

  • Implan Hidung Silikon

Implan silikon merupakan jenis implant yang paling banyak digunakan. Lebih dari 50 persen operasi hidung menggunakan implan silkon sebagai media untuk meninggikan bagian batang hidung. Implan silikon termasuk jenis implan yang mudah untuk dilakuakan dan mudah juga untuk dilepakan jika terjadi reaksi penolakan dari tubuh pasien atau alergi pada penggunaan implan.

  • Implan Hidung Tulang Rawan 

Implan tulang rawan juga digunakan dalam beberapa kasus operasi hidung bagi pasien yang ingin menggunakan material yang lebih alami dari tubuh sendiri. Kelebihan menggunakan implan dari tulang rawan tubuh sendiri yaitu memperkecil reaksi penolakan dari tubuh yang menyebabkan infeksi dan alergi. Implan tulang rawan yang digunakan untuk implan hidung biasanya diambil dari bagian-bagian tubuh berikut :

– Implan Tulang Rawan Hidung 

Implant tulang rawan hidung digunakan untuk bagian batang hidung. Operasi menggunakan implan tulang rawan ini termasuk jenis operasi yang sulit dan perlu ketelitian yang lebih serta tidak semua jenis hidung bisa menggunakan implan ini

BACA JUGA : CEK FAKTA DAN BIAYA OPERASI HIDUNG

– Implan Tulang Rawan Telinga

Implan yang diambil dari tulang rawan telinga biasanya digunakan untuk bagian ujung hidung (tip). Implan ini penggunaannya dikombinasikan dengan penggunaaan implan tulang rawan iga atau silikon pada bagian hidung untuk menombang implan pada bagian batang hidung serta membuang ujung hidung menjadi lebih tinggi menyesuaikan dengan ketinggian batang hidung.

– Implan Tulang Rawan Iga 

Implant tulang rawan iga sekarang ini mulai popular digunakan untuk operasi peninggian batang hidung karna bahan yang lebih alami yaitu dari diambil dari tulang rawan iga tubuh sendiri. Operasi ini termasuk operasi yang sulit karna perlu melakukan operasi pengambilan tulang rawan iga terlebih dahulu baru kemudian melakukan operasi peninggian batang hidung. Biaya untuk operasi peninggian batang hidung dengan implan tulang rawan iga juga termasuk lebih mahal dibandingkan dengan jenis implan lainnya.